Panduan dan Cara Mudah Dalam Budidaya Cabe Rawit

Publié le par aciphex

Panduan dan Cara Mudah Dalam Budidaya Cabe Rawit

Cabe rawit yang di kenal dengan arti Capsicum frutescens yaitu tanaman yang pertama kalinya tumbuh di benua Amerika hingga tanaman ini disebut-sebut sebagai satu diantara tanaman yang datang dari Benua itu. Cara Menanam cabe itu mudah.


Tanaman ini bakal tumbuh maksimal apabila di tanam pada ketinggian kurang dari 500 m dpl. meskipun diatas 500 m dpl masihlah dapat bertahan tetapi di ketahui produksi selalu menyusut.


Tanaman Cabe Rawit


Pada umumnya tanaman cabe ini membutuhkan tingkat curah hujan termasuk cukuplah tinggi yakni sekitaran 1. 500-2. 500 mm/th.. Menurut beberapa peneliti Schimidt serta Fergusson, tanaman cabe bisa tumbuh dengan cara maksimal serta membuahkan produksi yang baik, pada persyaratan iklim seperti berikut :


Daerah begitu basah, yang mempunyai 0-1. 5 bln. kering.
Daerah basah, yang mempunyai 1, 5-3 bln. kering.
Daerah agak basah, yang mempunyai 3-4, 5 bln. kering.
Daerah tengah, yang mempunyai 4, 5-6 bln. kering.
Cabe rawit memanglah sedikit susah untuk dibudidayakan, beberapa petani mesti memastikan tempat yang benar serta pas baik untuk suhu serta kelembapan. tanaman cabe bisa tumbuh dengan baik pada suhu pada 25-30 derajat celcius, sedang untuk suhu yang maksimal untuk perkembangan yakni 25-28 derajat celcius. Cara Merawat Cabe


Penentuan Benih Cabe Rawit
Mungkin saja sekarang ini beberapa petani tak perlu susah lagi memperoleh benih berkwalitas lantaran telah banyak yang djual di beberapa toko pertanian, tetapi kekurangannya yakni harga yang relatif tambah lebih mahal. Tetapi kita sesungguhnya dapat mnyeleksi atau bikin benih cabe rawit sendiri. Benih dapat kita peroleh dari hasil panel terlebih dulu, upayakan untuk pilih benih dari hasil panen ke 5 atau ke 6.


Kenapa Hasil panen ke 5 atau 6?


Lantaran hasil panel pada keadaan ini mempunyai biji yang maksimal, butuh di ketahui kalau hasil panen ke 1 hingga 4 mempunyai biji yang sedikit serta tambah lebih kecil hingga tak pas bila jadikan sebbagai benih untuk penanaman.


Cara membuat Benih cabe rawit yakni dengan menuai buah cabe rawit lalu potong dengan cara membujur dari kulit buahnya, kemudiaa buah biji yang ada di pangkal serta ujung buah, lantaran umumnya biji yang ada di daerah itu lebih kecil serta mempunyai kwalitas yang jelek. Lalu rendam biji cabe rawit dengan air bersih. silakan seleksi, buah biji yang mengapung serta pisahkan dengan biji yang terbenam. jemur biji di bawah cahaya matahari sampai kering. jika dalam kondisi panas umumnya memerlukan 2 samai 3 hari.


Butuh dikarahui kalau benih yang baik umumnya mempunyai daya tumbuh sebesar 80 persen. janganlah sangat lama menaruh benih lantaran semangkin lama benih disimpan jadi daya tumbuh bakal semangkin menyusut.


Pembibitan serta Penyemaian Cabe Rawit
Sekarang ini langkah yang efisien dalam penyemaian Benih cabe rawit yaitu dengan memakai polybag. Argumen kenapa memakai polybag lantaran jika ditabur benih bakal menumpuk hingga tanaman bakal berkompetisi ketat dalam penyerapan unsur hara sampai penyinaran. untuk meminimalkan hal itu satu diantaranya yakni dengan memakai polybag.


Polibag yang dipakai yakni 5×10 cm, anda juga bis amenggunakan ukuran yang lain sesuai sama jumlah benih yang menginginkan anda semai, sedang untuk media semai yakni memakai bahan seperti kombinasi tanah, arang serta kompos dengan perbandingan 1 : 1 : 1. janganlah lupa untuk mengaaduk sampai rata. Sebelumnya menanam benih silakan untuk merendam benih sepanjang lebih kurang 6 jam dengan memakai air hangat, hal semacam ini dikerjakan untuk merangsang benih supaya cepat tumbuh.

Keudian tanam benih dengan memasukan benih dalam polybag sedalam 0, 5 cm, kemudia tutup dengan media tanam. untuk penyiraman dalam sistem penyemaian ini dikerjakan pagi serta sore hari. Beih yang telah di tanam umumnya bakal tumbuh kurun waktu 1 hingga 2 minggu, tetapi biit cabe ini baru dapat dipindahkan ke tempat jika sudah mempunyai 5 helai daun atau lebih (lebih kurang usia1, 5 bln.).

Pour être informé des derniers articles, inscrivez vous :
Commenter cet article