CARA MENANAM CABE RAWIT DARI BIJI

Publié le par aciphex

CARA MENANAM CABE RAWIT DARI BIJI

Langkah menanam cabe rawit dari biji | Selamat datang di situs (blog) lintangsore, tempat sharing serta belajar berbarengan sekitar berkebun serta bercocok tanam. Kesempatan ini bakal saya berikan pengalaman mengenai Langkah menanam cabe rawit dari biji.
Saya dari mulai kata pepatah dari Hongkong yang cukup populer, " Persiapan yang baik sama juga dengan 50% maksud telah terwujud ". Demikian pula perihal lewat cara menanam cabe ini, untuk memperoleh hasil panen cabe rawit yang melimpah jadi mesti diawali dari persiapan yang baik di awalannya.
Langkah menanam cabe rawit dari biji
bibit cabe rawit
Beberapa langkah awal menanam cabe rawit yaitu seperti berikut :


1. Bikin benih cabe rawit
2. Menyemai benih cabe rawit
3. Menanam bibit cabe rawit
4. Menjaga tanaman cabe rawit


Tersebut langkah pokok langkah menanam cabe rawit didalam pot/polybag atau ditanam segera di halaman tempat tinggal. Lebih detilnya mari kita ulas berbarengan.


Langkah Bikin Benih Cabe rawit sendiri


Sesungguhnya ada langkah praktis dalam mempersiapkan benih cabe rawit, yakni beli di toko pertanian terpercaya. Namun lantaran maksud kita menanam cabe rawit cuma untuk hoby serta mengkonsumsi rumah tangga sendiri/taraf kecil jadi kita bakal belajar langkah bikin benih cabe rawit sendiri.
Berikut banyak hal yang perlu di perhatikan untuk memperoleh bibit cabe rawit yang bagus serta baik.
menanam cabe dalam pot
langkah menanam cabe dalam pot
Janganlah bikin bibit cabe rawit dari cabe bekas yang diikutkan didalam bungkusan gorengan. Umumnya cabenya masihlah mentah serta belum tua benar. Mendingan ambillah cabe rawit merah dari warung/penjual sayur keliling, lantaran umumnya cabe rawit merahnya merah masak. Semakin lebih baik lagi jikap anda telah memiliki pohon cabe rawit sendiri yang bakal di buat benih. Tentukan buah cabe rawit yang telah masak serta berwarna merah. Yakinkan buahnya bagus serta tak ada kelainan warna/terkena penyakit.
Sesudah anda memiliki cabe rawit merah yang bakal di buat benih, potonglah jadi tiga sisi. Ambillah sisi buah cabe yang tengah saja lalu pisahkan bijinya dari kulit/daging cabe.
Pada langkah ini anda telah memiliki calon benih cabe rawit. Selanjutnya sediakan satu tempat/wadah, bisa berbentuk baskom, gelas, atau ember. Isi dengan air hangat suam-suam kuku.
Langkah selanjutnya sediakan satu siung bawang merah, lantas haluskan dengan memakai muntu. Campur bawang merah yang telah halus itu ke air hangat didalam wadah tadi.
Kemudian masukan biji cabe rawit yang dimuka tadi telah anda peroleh. Rendam biji cabe semalam saja.
Paginya bakal anda temui biji cabe yang melayang serta yang terbenam. Pisahkan serta ambillah biji cabe yang terbenam. Yang melayang silakan dibuang saja.
Tiriskan sebentar biji cabe yang anda peroleh tadi, sembari mempersiapkan media untuk menyemai biji itu.
Jemur benih cabe rawit yang telah diseleksi tadi namun janganlah segera dibawah sinar matahari. Sesudah benih cabe rawit betul-betul kering jadi kita saat ini telah memiliki biji cabe rawit yang siap untuk disemai.


Langkah menyemai bibit cabe rawit


Langkah selanjutnya sesudah kita sukses bikin benih cabe sendiri yaitu menyemainya. Mengapa kok tak segera ditanam saja di tanah/pot? kan sederhana serta tidak repot. Dahulu saya demikian, segera menanam biji cabe didalam tanah/pot. Namun nyatanya tak semua tumbuh baik. Jadi, satu diantara maksud menanam benih cabe didalam persemaian ini yaitu untuk menyeleksi bibit yang bagus serta meremehkan bibit cabe yang cacat atau terserang penyakit. Diluar itu juga kita dapat meyakinkan bibit cabe telah cukup kuat untuk dipindah ke media tanam yang semakin besar.
Dalam menyemai benih cabe rawit ada yang memakai tehnik di bawah ini :

Pour être informé des derniers articles, inscrivez vous :

Commenter cet article