Cara Budidaya dan Menanam Cabe yang Baik dan Benar

Publié le par aciphex

Cara Budidaya dan Menanam Cabe yang Baik dan Benar

Di Indonesia cabe atau cabai mempunyai tempat sendiri. Nyaris tiap-tiap orang sukai makan gunakan cabe, tak tahu itu cabe yang fresh atau telah di proses dahulu jadi sambal. Namun seperti tidak dapat buat terlepas dari yang namanya cabe ini. Cara Menanam cabe yang baik.


Walau sebenarnya harga cabe cukup mahal, terlebih bila berlangsung tidak berhasil panen atau stoknya lagi dikit. Dapat hingga 2 x lipat bahkan juga lebih tuh harga nya.


Nah, cabe yang umum dikonsumsi juga bermacam. Cabe rawit umumnya dikonsumsi segera sama gorengan, cabe keriting serta cabe merah besar di buat jadi sambel dahulu. Atau cabenya dikeringin selalu di buat bumbu untuk taburan camilan, saat ini kan lagi ramai tuh makanan yang rasa-rasanya pedes-pedes gunakan level gitu. Cara menanam cabe dengan benar.


Dengan adanya banyak keinginan pasar, saat ini banyak yang cobalah membudidayakan tanaman cabe, terutama cabe rawit. Meskipun harga nya fluktuatif, petani masihlah banyak pula yang menanam cabe ini.


Membudidayakan cabe sesungguhnya dapat dikerjakan lewat cara yang simpel. Waktu musim hujan, tanaman ini tak perlu disiram, cuma memercayakan air hujan saja. Mending langsun kita mencari tau saja yuk bagaimana caranya menanam cabe yang baik serta benar.


CABE ATAU CABAI (CAPSICUM ANNUUM)
Kita kenalan dahulu sama cabe ini yuk, perlu prasyarat apa saja sih untuk tumbuh.


SYARAT TUMBUH TANAMAN CABE


TANAH


Memerlukan tanah yang mempunyai susunan remah atau gembur dan kaya bahan organik.
pH (derajat keasaman) tanahnya sekitaran 5, 5 hingga 7, 0.
Tanah tak becek atau ada genangan air.
IKLIM


Curah hujan pertahun pada 1500 hingga 2500 mm, dengan distribusi rata.
Suhu hawa sekitaran 16° hingga 32°C.
Waktu telah mulai pembungaan serta pemasakan buah, tanaman cabe mesti cukup cahaya mataharinya (10-12 jam).
CARA MENANAM CABE


Budidaya cabe sederhana
ngasih. com
Di bawah ini langkah yang perlu dikerjakan untuk menanam tanaman cabe.


1. PEMILIHAN JENIS CABE


Sebelumnya menanam anda mesti tetapkan dahulu type cabe apa yang bakal ditanam. Anda dapat pilih apakah cabe rawit, cabe merah besar, cabe merah atau type cabe yang lain.


2. MENYEMAI BENIH CABE


Tempat menyemai benih cabe
guncitorvum. wordpress. com
Sesudah memastikan bakal menanam cabe type apa, pastikan cabe yang masihlah fresh. Kupas cabe itu serta ambillah bijinya. Setelah itu jemur hingga kering.


Setelah itu, kerjakan semai benih yang sudah kering. Anda bisa pilih apakah bakal disemai di polybag atau di media bedengan semaian. Ke-2 cara itu nyaris sama, namun umumnya petani menggunakan media bedengan sebagai tehnik untuk menyemai benih cabe.


Langkah memakai tehnik bedengan yaitu dengan bikin bedengan pada sebidang tanah yang gembur. Berikan pupuk kandang serta pupuk TSP (bila ingin yang organik tak perlu pakai pupuk TSP) seperlunya. Pemupukan ditujukan untuk mempercepat perkembangan bibit cabe.


Sesudah bedengan siap, taburkan benih cabe kedalam tiap-tiap bedengan yang di buat. Kemudian, tutup sisi atas memakai gulma kering, dapat memakai alang-alang kering yang disangga memakai kayu jarak. Jarak pada tanah cabe.
Sepanjang sistem penyemaian, jagalah senantiasa keadaan tanah lewat cara menyiraminya sehari-hari diatas penutupnya, supaya air tak segera jatuh ke tanah yang bakal mengakibatkan benih jadi tenggelam.


Tunggulah hingga benih tumbuh jadi tanaman kecil yang mempunyai daun minimum empat helai. Waktu telah memiliki daun minimum empat, bibit cabe siap untuk dipindahkan ke tempat tanam.


3. PEMBUATAN LAHAN TANAM CABE


Sembari menanti bibit cabenya jadi, kita sediakan dahulu tempat yang bakal dipakai untuk menanam cabe.
Bersihkan tempat yang bakal dipakai untuk menanam cabe dari gulma atau rumput liar.
Gemburkan tanah serta berikan pupuk kandang.
Buat bedengan dengan lebar sekita 1 mtr. hingga 1, 5 mtr.. Ketinggian bedengan 30 cm serta jarak antar bedengan 30 hingga 40 cm.
Buat lubang dengan jarak antar lubang 40 hingga 60 cm.
Nah, tempat siap dipakai untuk menanam cabe.
4. PENANAMAN CABE


Saat tanam yang terbaik untuk tanaman cabe yaitu saat curah hujan tidaklah terlalu banyak. Hal semacam ini utama untuk di ketahui lantaran bila curah hujan tinggi serta ada genangan air, tanaman cabe dapat jadi mati.


Nah, tersebut langkah untuk menanam bibit cabe yang telah jadi.


Ambillah bibit yang telah mempunyai daun sejumlah emapt helai serta keadaannya baik.
Masukan bibit kedalam lubang yang telah disediakan pada tempat tanam.
Tutup kembali lubang dengan memakai tanah atau pupuk kandang.
Siram tanaman cabe setiap hari bila tak hujan.
Waktu musim kemarau, anda dapat memberi penutup di atas tanaman cabe. Dapat memakai jerami atau penutup yang lain, hal semacam ini untuk melindungi kelembapan dan supaya tak berlangsung kekeringan pada tempat tanam.
5. PEMUPUKAN TANAMAN CABE


Pupuk yang didapatkan pada tanaman cabe bisa berbentuk pupuk kandang atau pupuk kompos, itu bila bakal membuahkan cabe yang organik. Namun bila tak, anda bisa mencampurkan pupuk kandang atau pupuk kompos dengan TSP atau urea seperlunya.


6. PERAWATAN TANAMAN CABE


Kerjakan penyiraman tanaman cabe sehari-hari bila keadaan tengah tak hujan.
Kerjakan penyiangan atau pembersihan rumput-rumput liar yang tumbuh di sekitar tanaman cabe.
Cabut daun yang kuning supaya perkembangan tanaman cabe lebih maksimal.
Bila tak perlu pakai pestisida dengan cara berkala untuk menyingkirkan hama yang menyerang tanaman.
7. PEMETIKAN CABE


Kerjakan pemetikan buah cabe yang keadaan buahnya sudah masak. Masukan kedalam wadah yang mempunyai aliran hawa yang lancar supaya cabe tak jadi busuk.


CARA MENANAM CABE DI DALAM POLYBAG


Menanam cabe didalam polybag
imamwibawa. blogspot. com
Sedikit tidak sama lewat cara menanam cabe umumnya, langkah menanam cabe memakai polybag ini dapat anda kerjakan dimana saja. Tak perlu tempat yang luas serta besar untuk memakai langkah tersebut. Tersebut yang perlu anda kerjakan untuk menanam cabe memakai polybag


1. PEMILIHAN BENIH


Di market, anda bakal menjumpai sebagian varietas cabe, dari mulai yang hibrida hingga varietas lokal. Untuk menanam ke-2 type cabe itu, tidaklah mempunyai ketidaksamaan. Tetapi, untuk bila menginginkan membudidayakan cabe varietas hibrida, anda mesti memakai obat-obatan spesifik.


Untuk type cabe hibrida, benihnya dihadirkan dari Thailand serta Taiwan. Bila varietas lokal umumnya ditanam di daerah Kudus, Rembang, hingga Sumatera Utara, tepatnya di Tanah Karo.


Bila anda baru mengawali menanam cabe, tambah baik pilih yang varietas lokal. Varietas lokal lebih gampang perawatannya dari pada varietas hibrida. Saat ini juga telah ada varietas lokal hasil seleksi yang tingkat produktivitasnya jauh tambah baik bila dibanding varietas lokal umum.


Argumen lain pilih varietas lokal yaitu cabe lokal itu lebih adaptif dengan keadaan lingkungan tempat cabe itu ditanam. Tetapi, bila dibanding dengan varietas hibrida, tingkat produktivitasnya pasti bakal kalah.

Pour être informé des derniers articles, inscrivez vous :

Commenter cet article